MENU

Menu Pembuka Aplikasi

Menu yang dipapaparkan ini adalah menu yang siap pakai untuk Operator, dimana suatu komputer telah terinstal program SAKSI. Cari ICON APLIKASI SAKSI pada dekstop Anda, kemudian doble klik, maka secara berurut-urut akan tampil menu berikut ini :

Menu ini berfungsi mengarahkan sistem untuk membuka database apa, dan dimana lokasi database tersebut. Jika Anda bekerja dengan 1 komputer maka nama server bisa diisi dengan "localhost" atau "127.0.0.1". Jika Anda bekerja dengan banyak komputer dan multiuser maka nama server diisi nomor IP komputer Server yaitu komputer dimana dipasang DATABASE (misal : 192.168.0.2, dll). Jika anda bekerja secara true online maka nama server diisi alamat hosting dimana Anda menaruh database Anda.

Jika setelah klik KONEKSI DATABASE muncul pesan error, atau koneksi server gagal, maka bisa jadi salah satu isian Anda tidak sesuai, coba teliti lagi Nama Server, Nama Database, Nama User atau Pasword User barangkali ada yang keliru.

Jika anda menggunakan Multiuser dan muncul pesan error, coba periksa jaringan Anda. Dan jika anda bekerja dengan true online coba periksa apakah koneksi internet Anda dalam kondisi baik atau tidak.

Menu ini berfungsi untuk mengarahkan sistem untuk mendeteksi anda bekerja untuk kantor mana, komputer berapa dan Anda sebagai apa.

Jika kebetulan Kantor anda memiliki banyak kantor, dan masing-masing kantor menggunakan database sendiri-sendiri, maka databese tersebut akan diberikan tanda masing-masing, misal kode 01 untuk Kantor A; kode 02 untuk Kantor B dst. Kami menyediakan 2 digit angka sekiranya cukup untuk menampung 99 kantor.

Disamping itu jika kebetulan dalam 1 kantor menggunakan banyak komputer maka kami menandai komputer yg satu berbeda dengan komputer yang lain, agar terlihat komputer mana dan oleh siapa suatu data telah diinput.

Pasword standar ini adalah 4464, dan Anda bisa menggantinya sesuka anda, hinga 10 digit angka atau huruf.

Pengertian Download disini agak berbeda dengan pengertian download pada umumnya. Karena beberapa ketetapan kebijakan perusahaan itu harus dicatat dalam database maka kami menggunakan istilah tersebut untuk mewakili tindakan pengambilan data ketetapan dan atau kebijakan untuk kami jadikan file memori. Misalnya : besaran suku bunga pinjaman, besaran denda, nama Kasir, Nama Direksi, Nama dan alamat kantor pemakai warna form, nama font, penandatangan laporan dll.

Mengapa tidak sekalian pada saat booting sistem? Iya, pertanyaan bagus. Kami setuju dengan itu, akan tetapi perubahan-perubahan yg demikian itu, bisa dilakukan tanpa harus keluar dari sistem. Maka ketika Anda mengganti perubahan itu, maka lakukan download ini setelah perubahan itu dilakukan. Agar perubahan yg anda lakukan disimpan sebagai variabel memori sistem.

Menu Siap, artinya Anda telah sukses masuk sistem, dan siap untuk berkerja dengan sistem ini. Dalam menu siap ini ada 3 Menu lagi yaitu :

- MENU UMUM

- MENU TRANSAKSI

- MENU LAPORAN

Silahkan ikuti penjelasan berikutnya, dengan klik masing-masing JUDUL menu tersebut.